Tips Hemat Listrik Saat Menggunakan AC, Anti Buat Listrik Boros

JurnalPost.com – Sekarang ini, pendinginan ruangan dengan menggunakan AC telah menjadi kebutuhan umum, terutama di daerah yang memiliki suhu tinggi.

Namun, seringkali penggunaan AC dapat menyebabkan kenaikan biaya listrik yang signifikan, yang tentunya akan membuat pengeluaran bertambah banyak atau bahkan boros.

Untuk membantu Anda tetap sejuk tanpa harus mengorbankan tagihan listrik, berikut adalah beberapa cara yang efisien untuk menggunakan AC agar hemat listrik :

Gunakan AC yang Hemat Energi
Tips pertama agar pengeluaran biaya karena penggunaan AC tidak berlebih adalah dengan memilih menggunakan AC yang hemat energi. Salah satu contohnya adalah AC DAIKIN Multi-S yang memiliki 3 keunggulan utama yaitu hemat tempat, hemat energi dan hemat listrik.

Hanya dengan 1 outdoor dapat mengoperasikan 3 unit indoor sekaligus menggunakan daya listrik sebesar 800 Watt (Low Watt Mode, Level 2).
Bahkan saat 2 unit AC diaktifkan dalam satu waktu, Anda masih bisa leluasa menggunakan alat elektronik lainnya tanpa khawatir listrik turun.

Selain AC Multi Split, DAIKIN juga menyediakan AC DAIKIN Inverter yang hemat daya dan memiliki performa yang tangguh serta fitur yang cukup lengkap.

Misalnya adalah produk AC STAR Inverter DAIKIN yang hemat dan efisien karena memiliki beberapa fitur utama diantaranya mode low watt, mode econo dan intelligent eye. Dengan PM 2.5 filter dan smart Wi-Fi controller melengkapi kelebihan dari AC STAR Inverter DAIKIN ini.

Atur Suhu yang Optimal
Mengatur suhu AC pada level yang nyaman, seperti 24-26°C, dapat membantu mengurangi konsumsi energi. Setiap penurunan satu derajat suhu dapat meningkatkan penggunaan energi hingga 3-5%.

Gunakan Mode Auto
Mode auto memungkinkan AC berhenti bekerja setelah mencapai suhu yang diinginkan. Ini membantu menghindari pendinginan berlebihan dan mengurangi beban kerja pada AC.

Baca Juga  Indonesia Korea Petakan Wilayah Pesisir dengan VTOL Fixed-Wing Drone

Perhatikan Kebersihan Filter
Filter yang bersih memastikan aliran udara yang lancar, meningkatkan efisiensi AC. Bersihkan atau ganti filter secara teratur, minimal satu bulan sekali, tergantung pada tingkat pemakaian.

Matikan AC Ketika Tidak Diperlukan
Matikan AC saat Anda meninggalkan ruangan. Ini bukan hanya cara hemat energi, tetapi juga membantu memperpanjang umur penggunaan AC.

Pertimbangkan Penggunaan Kipas Udara
Menggunakan kipas udara bersamaan dengan AC dapat membantu mendistribusikan udara dingin lebih merata, sehingga akan memungkinkan Anda mengatur suhu lebih tinggi pada AC.

Tutup Tirai dan Jendela
Mengurangi masuknya sinar matahari dengan menutup tirai atau jendela dapat membantu mengurangi beban kerja AC. Ini terutama penting pada siang hari ketika sinar matahari paling kuat.

Perhatikan Isolasi Ruangan
Pastikan ruangan terisolasi dengan baik untuk mencegah kebocoran udara dingin. Pemasangan karet atau weatherstripping pada pintu dan jendela dapat membantu menjaga kesejukan tetap di dalam.

Jaga Kebersihan Unit Luar AC
Pastikan unit luar AC tidak tertutup oleh tanaman atau benda lain yang dapat menghambat sirkulasi udara. Bersihkan debu dan kotoran yang menumpuk di sekitarnya.

Dengan mengikuti tips hemat listrik ini, Anda dapat menikmati kesejukan tanpa harus khawatir dengan tagihan listrik yang tinggi. Kombinasi dari pengaturan yang bijak dan perawatan yang rutin dapat membuat penggunaan AC menjadi lebih efisien dan ramah lingkungan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *