Sekolah Sehat Tunjang Keberhasilan Pendidikan Indonesia

JurnalPost.com – Perhatian bangsa Indonesia terhadap pendidikan sudah lama adanya seperti yang termaktub dalam UUD 1945 alenia ke-4 “Mencerdaskan kehidupan bangsa” di mana bangsa Indonesia menjadikan pendidikan sebagai tujuan yang besar agar terlahirnya generasi penerus bangsa yang cerdas. UU No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 2 menyebutkan “Pendidikan nasional adalah pendidikan yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.” Kemudian fungsi dari pendidikan nasional itu ialah mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Banyak faktor yang mempengaruhi Proses keberhasilan pendidikan berupa media, sarana dan prasarana yang tersedia, peran orangtua dan guru, juga motivasi yang kuat dari peserta didik. Namun sangat di sayangkan pada zaman sekarang ini banyak perhatian dan asumsi yang mengarahkan jika keberhasilan pendidikan hanya karena peran guru semata, seolah olah memang guru lah pusat dari keberhasilan pendidikan. Jika kita perhatikan dengan seksama tentulah faktor- faktor penentu keberhasilan tersebut harus seimbang, yang artinya harus ada kerja sama dan kesinambungan antara pemerintah, pihak satuan pendidikan, dan masyarakat dalam proses pendidikan.

Sekolah yang menjadi tempat tersalurnya pendidikan itu sendiri memiliki peranan yang cukup besar, di mana 100% kegiatan pendidikan di Indonesia di laksanakan di sekolah sendiri. Pentingnya peran sekolah ini memengaruhi keberhasilan yang akan di raih oleh peserta didik sebagai penerus bangsa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Lingkungan sekolah sehat di dalamnya termasuk kebersihan, kesehatan fisik, dan kesehatan mental siswa dan staf pengajar, yang akan menciptakan suasana belajar yang optimal. Dengan adanya sekolah sehat, siswa akan lebih fokus dan produktif dalam proses belajar mengajar. Mereka juga akan lebih mudah untuk menyerap informasi dan materi pelajaran yang diajarkan. Semakin baik lingkungan sekolah maka akan semakin baik pula proses pembelajaran di dalamnya.

Baca Juga  UJIAN TENGAH SEMESTER SEMINAR SUMBER DAYA MANUSIA Proses Rekrutmen dan Seleksi

Lingkungan sekolah yang baik harus di bangun oleh warga sekolah. Penanaman sikap peduli lingkungan sangat penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang baik tersebut. Siswa dan guru tidak hanya di fokuskan pada pembelajaran akademik saja, namun juga memiliki rasa empati kepada alam sekitar. Tak luput juga peran orang tua untuk membantu mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat. Guru dan juga Paguyuban dapat bahu membahu dalam mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, sehingga ada rasa kepedulian yang dalam terhadap pendidikan peserta didik. Selain itu, keberadaan sekolah sehat juga dapat meningkatkan tingkat kehadiran siswa di sekolah karena mereka merasa nyaman dan aman berada di lingkungan yang bersih dan sehat.

Tidak hanya itu, sekolah sehat juga dapat mengajarkan siswa tentang pentingnya gaya hidup sehat dan kebersihan diri. Dengan demikian, siswa akan lebih terampil dalam menjaga kesehatan diri dan lingkungan sekitar. Sekolah sehat akan menjadi landasan yang kokoh bagi keberhasilan pendidikan siswa. Di harapkan pemerintah dan semua elemen masyarakat peduli terhadap hal-hal yang menyongsong keberhasilan pendidikan, agar terlahirnya generasi penerus bangsa yang cerdas untuk memajukan bangsa Indonesia.

Penulis:
Izzati Irdina
Marina
Virna Puspitasari
Hafiz Syaka
Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *