Ruang Baik Tebarkan Qur’an ke Pelosok, Berantas Buta Huruf

JurnalPost.com – TPQ Madarijul Ulum yang berlokasi di Lampung Barat merupakan sebuah lembaga pendidikan agama yang berperan penting dalam membentuk karakter dan kecintaan terhadap Al-Qur’an bagi para santri di daerah tersebut. Dengan total 170 santri terdaftar dan dukungan dari para guru serta donatur, TPQ ini mampu menjalankan kegiatan belajar mengajar secara aktif dan berkesinambungan. Setiap santri membayar iuran bulanan yang digunakan untuk operasional TPQ, namun demikian, semangat ikhlas para guru dalam mengajar tetap terjaga, mengingat bahwa tugas ini merupakan amanah dakwah yang mulia.

TPQ Madarijul Ulum telah berdiri sejak tahun 2007 hingga saat ini, terdiri dari 100 anak-anak, 70 ibu, dan beberapa bapak yang juga mengaji di TPQ ini. Jadwal kegiatan mengaji berlangsung dari Dzuhur untuk anak-anak, ibu-ibu mengaji iqro pada sore hari, dan bapak-bapak mengaji setelah Maghrib. Kegiatan tidak berhenti sampai di situ, karena dilanjutkan dengan pengajian ibu-ibu yang sudah pada tingkat Al-Qur’an setelah Isya. Maasyaallah full day kegiatan untuk belajar al quran di TPQ Madarijul Ulum. Usia tidak menjadi penghalang dan tidak ada kata terlambat bagi ibu-ibu dan bapak-bapak disini untuk bisa belajar membaca ayat suci Al-Qur’an.

Setiap santri membayar iuran sebesar 10 ribu rupiah per bulan untuk keperluan listrik dan operasional lainnya. TPQ Madarijul Ulum memiliki 3 orang guru, yang gajinya ditunggu dari pemerintah dan biasanya dicairkan setiap 3 bulan. Meskipun begitu, semangat ikhlas guru-guru untuk mengajar tidak pernah luntur, karena mereka yakin bahwa mengajar merupakan amanah dakwah yang harus dipenuhi dengan sebaik-baiknya.

Sebagai pengurus TPQ, Bapak Rizwan mengucapkan ribuan terima kasih kepada rekan-rekan, dan donatur dari Ruang Baik. Beliau terkadang merasa prihatin melihat anak-anak yang membaca Al-Qur’an tanpa kulit, surah Al-Baqarah yang hilang, dan santri kakak beradik yang bergantian menggunakan Al-Qur’an yang sudah sobek. Alhamdulillah, sekarang setiap santri mendapat satu Al-Qur’an dan satu iqro masing-masing. Bantuan dari para donatur Ruang Baik sangat membantu dalam memudahkan para santri dan ibu-ibu dalam belajar. Guru-guru juga lebih mudah menjelaskan karena memiliki pegangan yang sama dengan murid. Al-Qur’an dari Ruang Baik sangat jelas dan terang, cocok digunakan oleh anak-anak karena tulisannya besar, juga mudah digunakan oleh ibu dan bapak lansia. Dilengkapi dengan tajwid, sangat memudahkan dalam pembelajaran.

Baca Juga  Asosiasi Dorong Kebijakan Satu KTP Satu Motor Listrik

Peran donatur dari Ruang Baik sangatlah besar dalam mendukung keberlangsungan TPQ Madarijul Ulum. Bantuan berupa Al-Qur’an dan iqro yang diberikan tidak hanya memudahkan proses belajar mengajar, tetapi juga memberikan motivasi dan semangat baru bagi para santri dan guru. Al-Qur’an yang diberikan dilengkapi dengan tajwid, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan berkualitas. Dengan adanya bantuan ini, diharapkan TPQ Madarijul Ulum dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat sekitar.
Melalui kegiatan yang dilakukan, TPQ Madarijul Ulum turut berperan dalam meratakan pendidikan agama di daerah tersebut. Dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk donatur dan pengurus TPQ, diharapkan program ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif yang lebih luas bagi pendidikan agama di Lampung Barat. Semoga semakin banyak masyarakat yang terinspirasi untuk berkontribusi dalam mendukung pendidikan agama dan memperkuat pondasi keimanan generasi muda.

Harapan kami, semoga program ini tetap berlanjut karena sangat bermanfaat untuk meratakan pendidikan, mendukung lancarnya Pendidikan khususnya Agama dan Qur’an. terutama di daerah pelosok yang kesulitan fasilitas dan membutuhkan Al-Qur’an, seperti TPQ Madarijul Ulum di Lampung Barat.

Ditulis oleh; Ida Safitri, Mahasiswi STEI SEBI

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *