Peran Penataan Arsip Digital dalam Meningkatkan Pelayanan Masyarakat di Desa Laweyan Kabupaten Probolinggo

Kabupaten Probolinggo, JurnalPost.com – Prodi Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema pentingnya penataan arsip digital dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di Desa Laweyan Kabupaten Probolinggo, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo. Pengabdian tersebut berlangsung di Aula Balai Desa Laweyan pada tanggal 23 Desember 2023. Adapun bapak/ibu dosen yang bergabung dalam tim pengabdian ini adalah Tukiman, S.Sos., M.Si., Drs. Ananta Prathama, M.Si., Binti Azizatun Nafi’ah, MPA., Katerina Bataha, S.AP, MPA., serta Rosyidatuzzahro Anisykurlillah, S.AP, M.AP. Partisipan dalam pengabdian masyarakat ini adalah perangkat desa, masyarakat, serta mahasiswa KKN Bina Desa Prodi Administrasi Publik.

Tujuan utama pengabdian masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan mempercepat proses administrasi di tingkat lokal. Tim Pengabdian Masyarakat menyampaikan materi tentang transformasi digital akan menjadi kunci utama dalam memajukan pelayanan masyarakat. Keberhasilan penataan arsip yang terintegrasi secara digital dapat meningkatkan efisiensi dan aksesibilitas informasi bagi warga. Penerapan teknologi digital dalam manajemen arsip tidak hanya mempercepat proses administrasi, tetapi juga memungkinkan pemerintah desa untuk memberikan layanan yang lebih responsif dan berkualitas kepada masyarakat. Dengan adanya manajemen penataan arsip digital akan mempermudah mengakses data penting seperti informasi kependudukan, surat-menyurat, dan dokumen-dokumen administrasi lainnya.

Penataan arsip digital bukan hanya tentang mengubah format dokumen dari fisik menjadi digital, tetapi juga mengubah cara kita berpikir tentang bagaimana informasi dapat diakses, digunakan, dan dikelola secara lebih efektif. Salah satu keuntungan utama dari penataan arsip digital adalah kemampuannya untuk menyediakan akses informasi secara online. Melalui portal resmi desa, warga dapat mengajukan permohonan administrasi, mengakses informasi terkini, dan bahkan memberikan masukan langsung kepada pemerintah desa tanpa harus datang ke kantor desa. Selain itu, penataan arsip digital juga membantu dalam menjaga keamanan dan keberlangsungan data. Dengan adanya salinan cadangan yang disimpan secara elektronik, risiko kehilangan atau kerusakan data dapat diminimalisir. Jadi, penataan arsip digital melibatkan lebih dari sekadar mengubah dokumen dari format fisik menjadi digital. Ini adalah tentang menciptakan infrastruktur yang kokoh dan terorganisir untuk mengelola informasi digital dengan efektif, efisien, dan aman

Baca Juga  Belajar Literasi dan Memupuk Rasa Percaya Diri Anak di LSM KOPA Medan Maimun

Dengan adanya pengabdian masyarakat ini diharapkan tidak hanya membawa manfaat praktis, tetapi juga memberikan contoh positif tentang bagaimana kolaborasi antara perguruan tinggi dan pemerintah lokal dapat menghasilkan solusi inovatif untuk meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. Melalui diskusi, ide-ide baru dan solusi kreatif dapat membantu mendorong perubahan positif dalam pengelolaan arsip digital. Oleh karena itu, penataan arsip digital telah membuka jalan bagi transformasi lebih lanjut dalam pelayanan masyarakat dan merespon kebutuhan masyarakat dengan lebih cepat.

Penulis : Rosyidatuzzahro Anisykurlillah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *