Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Malang Gelar Edukasi Dan Praktek Pengelolahan Sampah Botol

Malang, JurnalPost.com – Kami Pengabdian Mahasiswa pada Masyarakat (PMM) dari Kelompok 53 Gelombang 8, berkolaborasi dengan SDN 1 Tawangsari, mengenai program cinta lingkungan atau biasa disebut dengan (CLING).

Program ini sengaja diluncurkan guna untuk mengurangi permasalahan sampah dan juga untuk menumbuhkan karakter cinta lingkungan pada siswa. Selain itu para siswa juga di ajak untuk memisahkan sampah, terutama sampah bekas gelas dan botol air minum.

Sementara itu pada hari Kamis 25 Januari, kami juga mengajak siswa SDN 1 Tawangsari untuk memilah sampah kemudian sampah yang sudah berhasil kami pisah dapat kami olah menjadi kerajinan. Sebelum melakukan praktek kami juga melakukan edukasi mengenai pengelolahan sampah dan cara pengolahnnya.

Kegiatan ini biasa dilakukan oleh siswa SDN 1 Tawangsari selama 1 bulan sekali untuk membersihkan lingkungan sekolah. Yang bertempat di lingkungan sekolah SDN 1 Tawangsari, Pujon. Dengan melibatkan seluruh warga sekolah dengan tujuan untuk menciptakan karakter peduli dan cinta terhadap lingkungan.

Setelah melakukan pemilahan sampah pada hari Kamis 8 februari 2024 kami juga mengajak siswa SDN 1 Tawangsari untuk mengelolah sampah menjadi barang yang bermanfaat, seperti membuat kerajinan dari sampah yang sudah kami pilah saat pelaksanaan (CLING). “Saya sebagai ketua kelas melihat teman- teman saling membuat kerajinan dengan hasil yang bagus merasa sangat senang” ucap isbat selaku ketua kelas 5 SDN 1 Tawangsari.

Selain itu Kegiatan praktek pengolahan sampah yang di daur ulang dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa. Hasil kegiatan ini adalah dapat meningkatkan nilai guna suatu barang bekas sehingga juga dapat mengurangi sampah di lingkungan sekolah.

Pengabdian Mahasiswa pada Masyarakat (PMM) dari Kelompok 53 Gelombang 8, 2024.

Oleh: Agustina Tresnawati

Quoted From Many Source

Baca Juga  Jika Tak Dipilih FIFA, JIS Tak Jadi Direvitalisasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *