Optimalisasi Golden Age Untuk Mencegah Stunting di Desa Laweyan Probolinggo

JurnalPost.com – Golden age merupakan periode penting dalam masa perkembangan anak. Masa golden age adalah masa emas pada anak-anak di awal kehidupannya yaitu pada usia 0-5 tahun. Fase ini penting untuk diperhatikan oleh orang tua karena pada fase ini pertumbuhan anak berkembang begitu pesat. Penelitian mengatakan sekitar 50% kecerdasan orang dewasa mulai terbentuk di usia 4 tahun.

Jika pada masa tersebut anak tidak mendapat perhatian khusus tentu akan berdampak serius terhadap masalah gizi kronik, seperti gangguan perkembangan otak, intelegensia (IQ) rendah, sistem imun melemah, risiko penyakit diabetes, bahkan stunting.

Disarankan kepada para orang tua untuk memaksimalkan pelatihan kepada anak-anaknya, seperti memberi rangsangan motorik yang beroengaruh oada perkembangan otak secara fisik maupun fungsi. Hal ini yang di fokuskan oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Program Studi Administrasi Publik UPN “Veteran” Jawa Timur kepada balita di Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Dalam paparannya, Oktarizka Reviandani, S.AP, M.AP , mengatakan “peran orang tua di Desa Laweyan perlu terus memantau tumbuh kembang anak mereka, terutama dari tinggi dan berat badan anak serta pastikan mendapatkan imunisasi. Bawa anak secara berkala ke Posyandu maupun klinik khusus anak. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi ibu untuk mengetahui gejala awal gangguan dan penanganannya”.

Dan juga pemberian ASI (Air Susu Ibu), ASI ternyata berpotensi mengurangi peluang stunting pada anak berkat kandungan gizi mikro dan makro. Oleh karena itu, ibu disarankan untuk tetap memberikan ASI Eksklusif selama enam bulan kepada sang buah hati. Protein whey dan kolostrum yang terdapat pada susu ibu pun dinilai mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi yang terbilang rentan. Oleh karenanya berikan ASI ekslusif selama 6 bulan dilanjutkan hingga usia 2 tahun.

Baca Juga  Granat Aktif dan Puluhan Peluru Ditemukan di Rumah Eks Pejuang

Dengan menyadari potensi perkembangan anak pada masa golden age yang memberikan efek berkelanjutan diharapkan orang tua, pendidik, dan pengasuh dapat mendampingi anak secara maksimal pada masa ini sehingga anak dapat memiliki kemampuan kognitif dan perkembangan fisik yang baik untuk menciptakan generasi bebas stunting di Desa Laweyan, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo.

Penulis : Oktarizka Reviandani

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *