Nikmatnya Pindang Khas Palembang, Makanan Sederhana Namun Membekas di Lidah

JurnalPost.com – Kalau ngomongin Palembang apa yang ada di benak kalian? Mungkin Jembatan Ampera, Pulau Kemarau ataupun makanan khas yang tidak lain dan tidak bukan, adalah Pempek. Jika datang ke Palembang, kalian harus mencicipi kuliner khas Palembang yang memiliki berbagai cita rasa yang khas dan enak. Ngomongin Kuliner di Palembang memang tidak ada habisnya. Pasalnya, makanan khas Palembang bisa membuat para perantau asli Palembang maupun Pendatang rindu akan Kota tertua di Indonesia ini. Makanan seperti pempek, tekwan, model sudah terlalu sering didengar oleh orang Indonesia. Ada salah satu makanan khas kota Palembang yang sering dilewatkan, yakni pindang.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pindang memiliki pengertian ikan yg digarami dan dibumbui kemudian diasapi atau direbus sampai kering agar dapat tahan lama. Pindang dibuat dari bumbu rempah khas Indonesia yang cocok dengan selera kebanyakan orang Indonesia. Sehingga, olahan kuliner ini memiliki bumbu yang pekat. Umumnya, menggunakan bahan baku ikan. Ikan dengan siraman kuah panas dengan cita rasa yang beragam, ada pedas, asam, manis dan gurih. Menggugah selera bukan? Tidak salah jika pindang menjadi salah satu makanan favorit orang asli Palembang.

Pindang memiliki beberapa jenis, tergantung dari mana asal daerahnya. Ada pindang bandeng, pindang baung, pindang gabus, pindang tulang, pindang kerupuk, pindang kakap dan lainnya. Namun, yang sering menjadi primadonanya ialah pindang patin. Pindang Patin merupakan menu wajib yang perlu anda coba ketika berdatangan ke Palembang. Pindang biasanya disajikan dengan nasi panas dan menjadi menu lauk utama.

Ikan patin yang memiliki tekstur lunak dan mudah lepas dari durinya menjadi pilihan sebagai hidangan yang sangat lezat. Pindang memiliki bumbu yang sangat sederhana. Seperti serai, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai, lengkuas dan asam. Dengan bumbu rempah yang sederhana, menjadikan pindang sebagai makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang sehat dan baik untuk kesehatan. Lalu, tunggu apa lagi? Bumbu yang khas serta khasiat yang melimpah bisa dipastikan lezat dan ketagihan jika sudah mencoba pindang.

Baca Juga  harga sewa ruko di kota Surakarta versi kami

Ditulis oleh: Beatris Devenalia
Tugas mata kuliah: Bahasa Indonesia
Universitas: Unika Musi Charitas

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *