Menavigasi Era Digital: Peran Teknologi Cloud Computing dalam Inovasi Teknologi Sains Data

Sumber gambar: Analytics Insight (https://www.analyticsinsight.net/wp-content/uploads/2020/02/Importance-of-Cloud.jpg)

JurnalPost.com – Pada era transformasi digital seperti saat ini, mungkin istilah cloud computing sudah sering terdengar di telinga kita. Bagaimana tidak? Teknologi ini memiliki segudang peran yang sangat mendukung perkembangan teknologi digital. Mulai dari mempermudah pengelolaan data, meminimalisir biaya infrastruktur, hingga memaksimalkan mobilitas kerja. Kolaborasi pun dapat menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi cloud computing.

Teknologi-teknologi canggih yang ada saat ini mungkin akan sedikit banyak mengubah cara kita memandang atau menggunakan suatu hal. Tidak terkecuali teknologi cloud computing. Manfaat-manfaatnya yang memanjakan pengguna internet bisa dibilang cukup life-changing. Mengubah cara seseorang memandang dan menggunakan teknologi lain, terutama teknologi yang berhubungan erat dengan data, atau biasa disebut teknologi sains data.

Teknologi Cloud Computing
Sebenarnya, apa itu teknologi cloud computing? Teknologi cloud computing (komputasi awan) adalah teknologi yang mengelola sumber daya komputasi. Yang dimaksud sebagai awan pada istilah ini adalah jaringan internet. Berbagai sumber daya komputasi seperti software, penyimpanan data, server, database, dan analitik diolah dalam sebuah jaringan internet yang menjadi pusat penyimpanan data. Dengan cloud computing, proses penyimpanan data menjadi lebih praktis, fleksibel, dan hemat biaya. Selain itu, kolaborasi pun bisa menjadi lebih mudah.
Sistem dalam teknologi cloud computing terdiri dari tiga model layanan, yaitu:

1. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)
Jaringan internet, bandwitch, Alamat IP, jaminan dalam real time, hingga keamaanan
Layanan ini merupakan komputer virtual di mana pengguna dapat melakukan kustomisasi sesuai kebutuhan. Terdapat beberapa opsi spesifikasi IaaS yang daoat dipilih oleh pengguna. Layanan IaaS umumnya digunakan oleh perusahaan. Contoh implementasi IaaS yang banyak digunakan adalah Microsoft Azure, Public Cloud, dan Amazon Web Service.

Baca Juga  Keunggulan Sistem Bisnis Berbasis Syariah di Indonesia

2. Software-as-aService (SaaS)
SaaS merupakan layanan berupa aplikasi perangkat lunak siap pakai. Lisensi SaaS yang berbayar umumnya dilakukan dengan metode pay-as-you-go atau ¬on-demand. Pengguna SaaS tidak perlu repot mengontrol maintenance data karena hal tersebut telah diatur oleh developer. Penerapan layanan SaaS yang umum digunakan misalnya seperti Dropbox, Google Apps (drive, spreadsheet, docs, dan lain-lain), dan Microsoft Office’s 365.

3. Platform-as-a-Service (PaaS)
Layanan PaaS memungkinkan penggunanya untuk membuat sekaligus melakukan uji coba perangkat lunak secara daring. Layanan PaaS disediakan dalam bentuk platform. Layanan ini sangat memudahkan para developer untuk menciptakan aplikasi atau website karena pengguna dibebaskan untuk mengatur konfigurasi dari perangkat lunak yang dibuat. Contoh layanan PaaS yang popular adalah Oracle Cloud Platform, Salesforce.com, dan Google App Engine.

Teknologi Cloud Computing dalam Teknologi Sains Data
Dalam konteks teknologi sains data sendiri, teknologi cloud computing memiliki sejumlah keuntungan yang signifikan. Penggunaan teknologi cloud computing dalam infrastruktur penyimpanan dan pemrosesan data memungkinkan data scientist menjadi lebih fleksibel dan skalabel dalam menyimpan dan mengakses data. Untuk analisis data real-time, teknologi cloud membantu pengguna untuk memproses data lebih cepat, efisien, dan keputusan yang diambil menjadi lebih responsif. Proses kolaborasi yang diperlukan dalam menganalisis data juga menjadi hal yang mudah dengan teknologi ini.

Penggunaan teknologi cloud computing telah mengubah cara pembelajaran mesin dan pemodelan prediktif. Praktisi menjadi lebih mudah untuk menganilis data secara mendalam, bahkan dengan model yang kompleks atau berskala besar sekalipun. Integrasi antara ilmu teknologi sains data dan teknologi cloud computing memberikan benefit besar pada berbagai aspek, seperti pendidikan, sosial, dan bisnis. Misalnya dengan menggunakan teknologi cloud computing dalam analisis data, perusahaan dapan mengoptimalkan sistem pelayanan mereka dengan identifikasi pola pembelian pelanggan yang lebih akurat. Dengan begitu, perusahaan dapat berkembang di pasaran dengan lebih cepat dan efektif.

Baca Juga  Mahasiswa PMM UMM Gelar kegiatan Picnic Class bagi TK di Taman Bermain Selecta

Teknologi cloud computing memegang peran yang krusial dalam mendukung perkembangan inovasi dalam teknologi sains data dengan menyediakan perangkat yang fleksibel, skalabel, aksesibilitas global, serta kemampuan memproses data berskala besar dengan praktis dan efisien. Masa depan perkembangan teknologi sains data akan semakin banyak melibatkan teknologi cloud computing, dengan berfokus pada peningkatan AI (Artificial Intelligence), analisis data real-time, dan proteksi data yang lebih aman. Integrasi ini memiliki potensi besar untuk menciptakan inovasi-inovasi baru di masa depan. Ilmu teknologi sains data akan menghasilkan semakin banyak sistem atau teknologi yang canggih dan inovatif jika integrasi ini terus dikembangkan.

Ditulis oleh Raafa Agna Rasyada | 24 April 2024

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *