Memaknai Ragam Budaya Nusantara melalui Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Civitas Akademik Politeknik Negeri Malang dalam Perayaan Hari Pendidikan Nasional 2024

JurnalPost.com – Peringatan hari Pendidikan Nasional pada 2 Mei 2024 dilakukan dengan berbagai macam acara yang dilaksanakan hampir di seluruh wilayah Indonesia. Peringatan tersebut diwarnai dengan lomba peserta didik meliputi lomba literasi, lomba pengetahuan dasar peserta didik dan lainnya. Selain itu, perayaan Hardiknas 2024 juga dilakukan melalui upacara peringatan Hardiknas yang dilakukan di sekolah dan institusi Pendidikan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk membangkitkan semangat dan motivasi peseta didik dan pendidik dalam mengadakan kegiatan proses pembelajaran.

Salah satu institusi Pendidikan yang mendukung perayaan Hari Pendidikan Nasional 2024 yaitu Politeknik Negeri Malang. Civitas akademik Politeknik Negeri Malang mengenakan pakaian adat Nusantara ketika merayakan Upacara Hari Pendidikan Nasional 2024. Tidak hanya itu, mahasiswa dari program studi Bahasa Inggris, Jurusan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang juga turut serta mengenakan ragam pakaian adat untuk memeriahkan acara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024. Warna-warni pakaian adat Nusantara menjadikan perayaan kegiatan Hari Pendidikan Nasional 2024 semakin meriah.

Memaknai peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 dapat dilakukan dengan beragam cara. Salah satu dosen Politeknik Negeri Malang, Ririn Pratiwi Suharto, S.S., M.Hum mengatakan “Perayaan Hari Pendidikan Nasional bukan sekedar memperingati tanggal penting tersebut tiap tahun. Akan tetapi, kita harus sadar bahwa kehidupan ini adalah sebuah proses pembelajaran seumur hidup yang harus dimaknai secara bijaksana.” Beberapa mahasiswa prodi Bahasa Inggris, Politeknik Negeri Malang juga mengungkapkan hal yang sama bahwa perubahan jaman yang modern mendorong mereka untuk terus belajar dengan memanfaatkan kemajuan teknologi secara bijaksana. Dengan demikian, era digitalisasi saat ini tidak bisa dilepaskan dari peran penting proses Pendidikan yang mengalami kemajuan dengan pesat.

Toleransi dalam dunia Pendidikan juga sangat penting untuk dilakukan. Peserta didik seperti mahasiswa yang mengenyam bangku Pendidikan tinggi berasal dari berbagai daerah. Tidak heran kita jumpai beragam Bahasa daerah dan budaya yang menyatu dalam sinergitas dunia Pendidikan ketika kita masuk ke lingkungan kampus. Mahasiswa harus menjaga kerukunan dan menghormati satu sama lain agar terhindar dari konflik. Selain itu, mereka juga harus menjalin Kerjasama yang baik untuk menciptakan suatu inovasi sebagai bekal mereka di masa depan.

Baca Juga  Mengenal Neologisme Ideologi | Jurnalpost

Penulis:
Ririn Pratiwi Suharto, S.S., M.Hum.
Dosen Prodi Bahasa Inggris, Jurusan Adminitrasi Niaga, Politeknik Negeri Malang

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *