Memajukan Usaha Lokal Mahasiswa IPB Lakukan Inovasi Branding Bersama UMKM

BOGOR, JurnalPost.com – Mahasiswa Komunikasi SV IPB University Kelompok 2 Praktikum C2 sepakat melakukan kerja sama dengan UMKM Traveleo. Kerja sama ini bertujuan untuk melakukan inovasi branding pada media sosial Traveleo terutama di Instagram dan Youtube. Kerja sama branding ini berlangsung selama enam bulan di semester tiga. Kelompok praktikum berjumlah lima orang yang diketuai oleh Rahillatul Akromah dengan anggota, yakni Farrel Wiratama Raisyah Nurman, Winda Lestari, Irda Mawar Pratiwi, serta Yunita Putri.

Perlu diketahui bahwa Traveleo adalah salah satu UMKM yang lumayan dikenal di Kota Bogor. Traveleo yang bergerak di bidang tourist and hospitality menawarkan banyak sekali keuntungan, diantaranya Overland, StudyTour, Outbound dan juga Request by Customer. Melihat UMKM Traveleo yang dinilai berpotensi untuk menjadi perusahan besar, maka dilakukan sebuah perubahan melalui branding di media sosial Traveleo untuk menambah value UMKM itu sendiri.

Kegiatan branding ini berlangsung di Kantor Traveleo di Jl. Aria Surialaga Jl. Cibalagung, RT.02/RW.03, Pasirkuda, Kecamatan Tamansari, Kota Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan dilatarbelakangi untuk memenuhi tugas ketiga mata kuliah, yakni penulisan kreatif, komunikasi merk kreatif, serta Perencanaan dan pembelian media. Tujuan dari tugas ini untuk memberi dampak kepada UMKM sekitar dengan membangun branding UMKM tersebut baik dari segi tulisan maupun pengelolaan pembelian medianya. Pelaksanaan kegiatan branding ini dimulai pada September 2023 dan berakhir pada November 2023.

Kegiatan branding diawali dengan wawancara terkait rencana untuk melakukan branding dilanjut dengan penyerahan proposal kerja sama kepada Pak Diki sebagai Owner Traveleo. Inovasi branding yang dilakukan sangat beragam, diantaranya pembuatan company profile Traveleo di youtube, pembuatan video paketan Rafting Cisadane di reels instagram Traveleo, pembuatan paketan perjalanan ke berbagai daerah wisata di Indonesia pada feed instagram Traveleo, pembuatan highlight instagram Traveleo, pembuatan caption dan tagar yang menarik pada setiap postingan branding instagram, serta melakukan pembelian media Instagram Ads dan Google Ads untuk periklanan Traveleo.

Baca Juga  Mental Health: Antara Eksistensi Trend dan Kenyataan yang Terabaikan

Inovasi branding yang dilakukan sebenarnya rencana yang sejak lama ingin direalisasikan oleh Pak Diki, namun terhambat karena kurangnya SDM untuk merealisasikan branding di media sosial instagram Traveleo. Dalam dokumentasi terakhir kegaiatan branding, Pak Diki Desupman sebagai Owner Traveleo menyampaikan kegembiraannya atas kegiatan branding ini. Beliau merasa sangat bersyukur dan senang karena telah dibantu mengelola media sosial Traveleo yang sudah lama tidak terurus.

“Saya merasa sangat terbantu oleh tim dari Ipb karena sudah membantu untuk mengisi konten di media sosial Traveleo yang sudah lama kosong.” Kata Pak Diki Desupman selaku Owner Traveleo (26/11/2023).

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *