Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Sosialisasi Teknologi Digital di Krembangan, Surabaya

Mahasiswa UPN Veteran Jatim Melakukan Kegiatan KKN di Krembangan, Surabaya

JurnalPost.com – Dalam upaya mewujudkan transformasi digital, mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer menggelar kegiatan sosialisasi Google Workspace dan Canva di Balai RW Krembangan Bhakti, Surabaya, pada hari Minggu, 26 November 2023. Kegiatan yang diadakan khusus untuk anak-anak sekolah dasar di sekitar wilayah tersebut bertujuan untuk mengenalkan teknologi sejak dini. Tim mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur menyadari pentingnya pemahaman teknologi di era digital ini, khususnya bagi generasi muda.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai Google Workspace, mencakup penggunaan GDocs, Google Classroom, hingga Google Calendar. Selain itu, Canva juga diperkenalkan sebagai media untuk membuat desain poster dan kartu ucapan.

Peserta tidak hanya menerima penjelasan secara teoritis, tetapi juga diberikan peluang untuk langsung berpraktik menggunakan laptop. Dalam sesi ini, mereka mengasah keterampilan mengetik, mengedit teks dengan menggunakan fitur bold, italic, dan underline, membuat tabel, menyisipkan gambar, serta belajar cara menyimpan dokumen dalam format PDF. Praktik langsung ini memberikan peserta pengalaman nyata dalam mengaplikasikan pengetahuan yang telah mereka peroleh.

Tak hanya itu, proses praktik dalam kegiatan ini melibatkan peserta dalam pengembangan keterampilan desain kartu ucapan dan poster melalui platform Canva. Tim mahasiswa memberikan pengenalan mendalam terhadap fitur-fitur yang ada pada Canva, memberikan tutorial interaktif, dan memberikan panduan langkah demi langkah dalam menciptakan desain yang kreatif dan menarik.

Setiap peserta tidak hanya diberikan pengetahuan teoritis, tetapi juga dapat langsung mencoba dan menerapkan pengetahuan tersebut dalam sesi praktik menggunakan Canva. Dengan bimbingan dari mahasiswa, para peserta dapat mengeksplorasi kemampuan desain mereka dan menciptakan karya yang unik.

Baca Juga  cara daftar kuliah di Bengkulu terbukti

Dalam upaya menjaga keceriaan dan keterlibatan peserta, penyelenggaraan kegiatan ini dimulai dengan sesi ice-breaking yang melibatkan berbagai permainan. Pendekatan ini tidak hanya bertujuan untuk menciptakan atmosfer yang santai dan ramah, tetapi juga untuk membangun koneksi interpersonal di antara peserta. Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterlibatan dan daya ingat, diselenggarakan pula sesi kuis yang menyajikan pertanyaan-pertanyaan menarik terkait materi yang telah disampaikan. Kombinasi antara permainan dan kuis diharapkan dapat membuat proses belajar tidak hanya informatif tetapi juga menghibur, menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih berkesan dan interaktif bagi semua peserta.

Tanggapan positif dari masyarakat setempat terhadap kegiatan ini mencerminkan pentingnya pemberdayaan dan penguatan pengetahuan teknologi di tengah-tengah komunitas. Diharapkan bahwa keberhasilan ini dapat menjadi pijakan yang kuat untuk mempercepat penguasaan teknologi yang lebih baik, khususnya di kalangan generasi muda. Melalui partisipasi aktif dalam kegiatan sosialisasi Google Workspace dan Canva, diharapkan anak-anak sekolah dasar di wilayah sekitar Balai RW 2 Krembangan, Surabaya, dapat membangun dasar pengetahuan teknologi yang kokoh sejak dini.

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur turut berharap bahwa keberlanjutan dari kegiatan kuliah kerja nyata atau KKN UPNV Jatim ini dapat menghasilkan dampak yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat. Transformasi digital menjadi semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, dan melalui inisiatif seperti ini, diharapkan komunitas dapat bersama-sama melangkah menuju era teknologi yang lebih maju. Mahasiswa berkomitmen untuk terus mendukung transformasi digital di masyarakat, membantu mereka mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam memahami dan mengadopsi teknologi modern.

Dengan menjaga semangat kolaboratif dan inklusif, kegiatan ini bukan hanya menjadi langkah awal, tetapi juga menjadi inspirasi bagi komunitas sekitar untuk terus terlibat dalam proses pembelajaran teknologi. Semakin banyak inisiatif semacam ini, semakin besar peluang untuk menciptakan lingkungan di mana setiap individu memiliki akses dan pemahaman yang cukup terhadap perkembangan teknologi, sehingga dapat mengambil peran dalam mendorong kemajuan dan inovasi di masa depan.

Baca Juga  MA Turunkan Vonis Ferdy Sambo, Kuasa Hukum Brigadir J: Kecewa!

Harapan dari kegiatan ini adalah agar semangat untuk belajar mengenai teknologi terus berkembang di kalangan anak-anak, mendorong mereka untuk menjadi generasi yang cerdas dan cakap dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin digital. Kesuksesan dan antusiasme dari kegiatan sosialisasi ini menegaskan bahwa pendidikan teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam menyiapkan generasi mendatang.

Penulis : Salwa Ghaliyah Hilaly, Lintang Firdaus. UPN Veteran Jawa Timur

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *