Mahasiswa MPK UNDIP Beri Edukasi Kesehatan

Semarang, JurnalPost.com – Sebanyak 11 mahasiswa program studi Magister Promosi Kesehatan (MPK), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Diponegoro (UNDIP) memberikan edukasi kesehatan kepada siswa SD dan SMP Islam Al Madina Semarang. Kegiatan tersebut bertujuan agar tercipta program pendidikan kesehatan yang berlandaskan nilai promotif dan preventif pada masyarakat institusi.

Sebanyak 5 mahasiswa MPK kelompok pertama melakukan edukasi kepada siswa SD perihal perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), pentingnya aktivitas fisik, mencuci tangan dan konsumsi buah serta sayur sehari-hari. Edukasi tersebut diberikan kepada siswa kelas 4B di SD Islam Al Madina Semarang. Selain melakukan edukasi, kelompok mahasiswa MPK tersebut juga berdiskusi dengan Alek Budi Santoso, S.Pd.I, M.Pd selaku kepala sekolah SD Islam Al Madina Semarang.

“Kami sangat senang sekali karena antusiasme dari adik-adik sangat luar biasa. Mereka semua dapat berpartisipasi aktif dalam program edukasi ini. Semua terlihat sangat riang, gembira dan dapat menyerap semua materi yang disampaikan oleh kakak-kakak mahasiswa,” kata Mahasiswa Magister Promosi Kesehatan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Diponegoro, Dani Satria di SD Islam Al Madina, Jalan Menoreh Utara IX No.57, Sampangan, Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah, Kamis (23/11/2023).

Selanjutnya, Sebanyak 6 mahasiswa MPK kelompok kedua melakukan edukasi kepada siswa SMP perihal materi kesehatan reproduksi, materi kesetaraan gender dan materi pertemanan sehat. Selain melakukan edukasi, kelompok mahasiswa MPK tersebut juga berdiskusi dengan Sepul Imam, S.PdI selaku kepala sekolah SMP Islam Al Madina Semarang.

Salah satu perwakilan kelompok kedua, Eka Setya Ardiningsih menyebutkan bahwa tujuan dilakukan edukasi kesehatan tersebut adalah untuk meningkatkan pengetahuan para remaja terkait kesehatan reproduksi, kesetaraan gender dan bagaimana berteman secara baik serta sehat agar terhindar dari hal-hal negatif. Harapannya, agar para remaja mampu mengenali organ reproduksi dengan baik, tahu apa yang terjadi pada dirinya dan memperbaiki perilaku dalam menjaga kebersihan organ reproduksi.

Baca Juga  Kesalahan yang Terus Berulang | Jurnalpost

“Harapannya remaja menyadari bahwa dalam meningkatkan potensi diri, kesempatan berprestasi dan kesempatan karir, perempuan dan laki laki memiliki hak yang sama dan setara. Remaja juga mampu menjaga circle pertemanan yang baik, sehingga terhindar dari pertemanan yg toxic,” pungkas Eka.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *