Mahasiswa Manajemen Hutan IPB University Melakukan Penyuluhan di MA Al Ghazaly

JurnalPost.com – Penyuluhan Kehutanan yang dilakukan oleh Mahasiswa Manajemen Hutan IPB University berlokasi di MA Al Ghazaly Kota Bogor, Jawa Barat pada 9 Desember 2023. Penyuluhan ini dilaksanakan untuk memberi informasi serta menambah wawasan siswa/i di tingkat SMA/MA agar dapat memahami tentang Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB Univesity khususnya Manajemen Hutan.

Kegiatan penyuluhan kehutanan ini bernama DMNH GOES TO SCHOOL yang berupa sebuah penugasan dari mata kuliah Penyuluhan Kehutanan yang menerjunkan 117 mahasiswa jurusan Manajemen Hutan. Dari satu departemen tersebut dibuat beberapa kelompok untuk melaksanakan penyuluhan di SMA yang berbeda-beda dalam lingkup wilayah Provinsi Jawa Barat, terutama Jabodetabek.

Sebelum melakukan penyuluhan kepada siswa-siswa SMA di Jawa Barat, para mahasiswa sudah diberikan bekal materi yang cukup dari para asisten praktikum dan dosen mata kuliah Penyuluhan Kehutanan. Pembekalan materi berlangsung selama setengah semester dan penyuluhan dilaksanakan pada setengah semester berikutnya.

Bapak Soni Trison S.Hut., M.Si. selaku ketua Departemen Manajemen Hutan di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University menginginkan agar masyarakat terutama Siswa/i setingkat SMA/MA memahami pentingnya penyuluhan kehutanan. Maka dari itu perlu diadakannya penyuluhan kehutanan terutama kepada kalangan yang lebih muda seperti para pelajar.

Melihat keadaaan itu, para mahasiswa diberikan tugas untuk mengadakan sosialisasi terkait tentang kehutanan sekaligus pengenalan Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University kepada para siswa SMA/MA.

Penyuluhan di MA Al Ghazaly
Mahasiswa mengunjungi beberapa siswa/i MA Al Ghazaly yang berada dalam satu kelas dengan tujuan untuk dilakukan sosialisasi mengenai Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University terutama Manajemen Hutan. Penyuluhan dilakukan dalam waktu 40 menit atau 1 jam pelajaran.

Untuk proses penyuluhan, pertama-tama kami menceritakan latar belakang dari kampus kami sendiri, yakni IPB University. Kemudian dilanjut dengan penyampaian jalur masuk beserta fakultas-fakultas yang ada di IPB University.

Baca Juga  Kepala PPSDM Migas Sharing Best Practice Pembangunan Zona Integritas Bersama Bupati Blora

Kemudian kami membahas tentang garis besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University yang terdiri dari empat departemen. Manajemen Hutan, Teknologi Hasil Hutan, Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata dan departemen yang terakhir yaitu Silvikultur.

Secara umum, Departemen Manajemen Hutan (DMNH) mempelajari tentang inventarisasi data hutan. Teknologi Hasil Hutan (DHH) mempelajari tentang hasil-hasil hutan kayu dan non-kayu. Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (KSHE) mempelajari tentang flora dan fauna di hutan. Silvikultur (SVK) mempelajari tentang proses perawatan hutan.
Setelah pengenalan departemen di FAHUTAN, kami juga menyajikan data tahun lalu keketatan dan daya tampung yang berada di Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University untuk menjadi gambaran para siswa masuk FAHUTAN IPB.

Pada topik terakhir, kami membahas tentang beasiswa yang ada di FAHUTAN IPB dan IPB University. Bertujuan agar para calon mahasiswa tidak perlu mengkhawatirkan perihal ekonomi, karena dari IPB University khususnya Fakultas Kehutanan dan Lingkungan pasti sangat membantu perihal hal tersebut.

Sesi penyuluhan diakhiri dengan sesi tanya-jawab. Sesi tanya-jawab dibuka untuk siswa/i MA Al Ghazaly yang ingin bertanya mengenai IPB University, Fakultas Kehutanan dan Lingkungan, dan Manajemen Hutan. Setelah beberapa pertanyaan diajukan dan telah dijawab dilakukan dokumentasi Siswa/i MA Al Ghazaly dan Penyuluh dari IPB University.

Kenapa Pilih Manajemen Hutan?
Terdapat tiga peminatan yang berada di Departemen Manajemen Hutan yaitu Perencanaan Hutan, Pemanfaatan Hasil Hutan dan Sosial Ekonomi dan Kebijakan.

Secara umum, Perencanaan Hutan mempelajari tentang pengolahan dan pengambilan data di lapang. Pemanfaatan Hasil Hutan mempelajari tentang pemanfaatan dan pengolahan hasil hutan kayu dan bukan kayu hingga setengah jadi. Sosial Ekonomi dan Kebijakan mempelajari tentang isu-isu kehutanan sosial.

Baca Juga  Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Riau Sesalkan Konflik Rempang Barelang Batam

Terlihat dari data yang terlampir bahwa Manajemen Hutan merupakan departemen yang memiliki keketatan tidak terlalu tinggi dan daya tampung yang tinggi. Sehingga memudahkan para calon mahasiswa untuk join bersama kami di Departemen Manajemen Hutan.

Keunikan dan keindahan yang ada di alam dan hutan serta keberagamannya menjadi daya tarik siswa/i MA Al Ghazaly dalam bertanya ataupun mengungkapkan pendapat. Masuk FAHUTAN tidak hanya mempelajari pepohonan, melainkan banyak kegiatan seru dan ASIK lainnya yang bisa mendukung semangat belajar para mahasiswa.

Dalam rangkain penyuluhan, terdapat beberapa pengalaman dan pengetahuan yang dibagikan oleh Mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University. Ketertarikan Siswa/i MA Al Ghazaly terhadap Kehutanan menjadi tujuan utama para penyuluh dalam penyuluhannya ke SMA/MA. Penyuluhan Kehutanan membuka wawasan dan pengetahuan siswa/i MA Al Ghazaly dalam hal Kehutanan terutama menjadi Mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB University.

“Lestarikan hutan, cintai alam, abadikan dengan teman.”

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *