Mahasiswa KKN BBK 3 Universitas Airlangga Tuntaskan Keluhan Warga melalui Seminar Pengembangan UMKM di Kelurahan Bringin

Penulis: Tim KKN-BBK 3 Bringin 2 Universitas Airlangga

JurnalPost.com – Kelurahan Bringin merupakan kelurahan yang ada di Kecamatan Sambikerep, Kota Surabaya. Kelurahan ini didominasi oleh penduduk yang bergelut pada UMKM dan sebagian besar berfokus pada produk di bidang pangan, di kelurahan ini UMKM menjadi tonggak perekonomian sehingga membutuhkan adanya pengembangan inovasi secara berkala dalam rangka mengikuti kebutuhan pasar. Hal tersebut dilakukan agar UMKM mampu meningkatkan kualitas produk sehingga mereka dapat memiliki kompetensi untuk bersaing di pasar global. Namun, dalam pengelolaan sebuah bisnis usaha diperlukan adanya evaluasi dan saran dari profesional secara berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja serta kualitas produk yang dihasilkan.

Dalam pertemuan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN BBK 3 UNAIR Kelurahan Bringin dengan koordinator UMKM Kelurahan Bringin, terdapat beberapa keluhan yang sudah lama menjadi permasalahan warga dalam menjalankan UMKM. Dalam diskusi tersebut, koordinator UMKM Kelurahan Bringin menjelaskan bahwa terdapat beberapa permasalahan yang menghambat jalannya produksi serta promosi UMKM. Permasalahan yang dikeluhkan warga diantaranya adalah kurangnya kreativitas dan wawasan untuk mengembangkan branding produk UMKM yang telah dibuat, kurangnya wawasan terkait efektivitas dan daya tarik yang dapat diraih dari value pengemasan produk, kurangnya akses untuk memasarkan produk, serta pengelolaan cash flow yang masih jarang dilakukan. “Sebenarnya di daerah sini UMKM banyak dan sebagian besar sudah berjalan baik, tetapi ada beberapa yang belum mengerti betul mengenai pengemasan dan pemasaran yang dituju akhirnya tidak dilanjutkan usahanya” ujar Koordinator UMKM RW 02, tidak jauh berbeda dengan RW 03 yang juga masih berkutat dengan permasalahan yang sama. Hal tersebut menggerakkan keinginan kami untuk memberikan solusi tepat bagi para pengelola UMKM di daerah tersebut.

Baca Juga  Digitalisasi Pemasaran melalui Edukasi Marketplace di Desa Dringu, Probolinggo

Dengan adanya permasalahan yang telah dikatakan oleh koordinator UMKM, kami kelompok KKN BBK 3 Bringin 2 menyelenggarakan seminar pengembangan UMKM yang dibantu oleh ibu Dina Fitrisia, SE., MM., AK. Selaku dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sebagai pemateri yang menyampaikan beberapa solusi dari permasalahan yang telah dijelaskan oleh Koordinator UMKM sebelumnya, seminar ini diharapkan mampu menuntaskan atau seminimal mungkin dapat mencegah permasalahan terjadi, sehingga mata masyarakat pengelola UMKM setempat lebih terbuka dalam mengembangkan usaha mereka serta dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat. Seminar ini telah diselenggarakan di balai RW 02 Kecamatan Sambikerep, Kelurahan Bringin pada hari Rabu pukul 19.00 WIB (24/01/24) dan didatangi oleh sebagian besar ibu ibu pengelola UMKM yang berproduksi di pagi hari. Acara ini dilaksanakan pada pukul 19.30 WIB, menyesuaikan dengan luangnya waktu masyarakat yang berkegiatan di siang harinya, seminar ini dibawakan oleh bu Dina Fitrisia, SE., MM., AK. selau dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Hal ini merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa demi memenuhi kebutuhan produsen maupun konsumen dengan melalui pengabdian kepada masyarakat setempat, dalam seminar ini juga merupakan salah satu pengupayaan mahasiswa untuk memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu upaya pengembangan ilmu yang nantinya akan direalisasikan oleh para pengelola UMKM, besar harapan kami selaku mahasiswa yang berkeinginan memberikan solusi bermanfaat bagi masyarakat. Ainur Reza selaku ketua kelompok KKN BBK 3 kelompok Bringin 2 berharap dengan diadakannya seminar UMKM ini, masyarakat setempat dapat merealisasikan dengan baik dan perekonomian UMKM di bringin dapat maju, dalam hal ini juga berkemungkinan untuk mengembangkan produk-produk dengan baik dan juga bermanfaat bagi konsumen. “Untuk itu para pelaku UMKM dari bringin juga harus mempunyai identitas sendiri agar konsumen lebih mengenal barang atau produksi yang dihasilkan dari Bringin” ujar Adi Brata selaku penanggung jawab program kerja seminar pengembangan UMKM.

Baca Juga  DPW JOIN Sulsel Gelar Rapat Evaluasi Internal

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *