List 15 Situs Jurnal Internasional Gratis Tanpa Harus Membayar untuk Mahasiswa Akhir

JurnalPost.com – Sebagai mahasiswa akhir, akses ke jurnal internasional yang berkualitas dan terpercaya sangat penting untuk mendukung penelitian dan penulisan tugas akhir. Salah satu sumber daya yang sangat berharga adalah jurnal internasional, yang memuat artikel-artikel ilmiah terkini dalam berbagai bidang. Sebagai seorang mahasiswa Anda harus mengetahui situs jurnal internasional yang bisa dijadikan sebagai referensi. Namun, terkadang akses ke jurnal-jurnal ini bisa menjadi sulit dan mahal.

Untuk membantu Anda, berikut kami bagikan referensi 15 rekomendasi situs jurnal internasional dengan akses gratis yang dapat menjadi sumber daya berharga bagi mahasiswa akhir:

  1. Directory of Open Access Journals (DOAJ)www.doaj.org
    DOAJ adalah direktori yang mengindeks ribuan jurnal akses terbuka di berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis penuh ke artikel-artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal-jurnal terverifikasi. Jika Anda mengunjungi situs ini maka akan menemukan banyak artikel ilmiah yang bisa diakses secara gratis kapanpun Anda inginkan. Ada lebih dari 10.000 jurnal dari berbagai negara di dunia.
  2. ResearchGatewww.researchgate.net
    ResearchGate adalah platform sosial ilmiah yang memungkinkan para peneliti membagikan dan mengakses artikel ilmiah secara gratis. Situs ini menyediakan akses ke jurnal-jurnal yang diunggah oleh peneliti dari seluruh dunia. Meskipun menyediakan akses gratis, namun ada juga beberapa karya ilmiah yang membutuhkan izin. Jadi tidak semua karya yang ada di situs ini bisa diakses secara bebas. Meskipun demikian, karya ilmiah gratis yang tersedia di sini cukup banyak sehingga tetap sangat direkomendasikan bagi mahasiswa.
  3. SpringerOpenwww.springeropen.com
    SpringerOpen adalah platform penerbitan dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang ilmu. Situs ini menyediakan akses gratis ke jurnal-jurnal Springer yang diterbitkan secara terbuka.
  4. Google Scholarhttps://scholar.google.com
    Google Scholar adalah mesin pencari akademik yang dapat digunakan untuk menemukan artikel-artikel ilmiah dari berbagai sumber. Meskipun tidak semua artikel tersedia secara gratis, Anda masih dapat menemukan banyak artikel yang dapat diakses secara gratis melalui Google Scholar. Jurnal yang tersedia pun beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal Internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia pun mulai dari tesis, jurnal, dan e-book. Anda bisa mengaksesnya secara gratis melalui situs ini.
  5. ProQuest https://www.proquest.com
    ProQuest adalah database (pangkalan data) jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, USA. Situs ini menyediakan sumber informasi ilmiah bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa. Anda bisa mencari jurnal yang ingin dijadikan referensi berdasarkan kata kunci. Dalam situs ini, tak hanya tersedia jurnal Internasional, tetapi juga buku, video dan audio pembelajaran, dan surat kabar.
  6. Academia.eduhttps://www.academia.edu
    Mahasiswa Indonesia banyak yang sudah sangat mengenal situs Academia.edu. Situs ini banyak direkomendasikan oleh para dosen untuk para mahasiswanya. Di dalam situs ini, Anda bisa berinteraksi dengan para akademisi dari berbagai negara. Anda bisa mendapatkan banyak referensi untuk penelitian ilmiah. Karya-karya yang ada di situs ini sangat banyak dan Anda bisa mengaksesnya secara gratis. Apabila ternyata ingin mengunduh jurnal dari situs jurnal internasional untuk mahasiswa ini, syarat yang dibutuhkan adalah harus memiliki akun Google atau akun Facebook. Lalu gunakan akun tersebut untuk mendaftar di situs ini, setelah mendaftar maka Anda dapat melanjutkan untuk mengunduh jurnal yang Anda butuhkan.
  7. International Journal of Education & the Arts http://www.ijea.org
    Jurnal internasional yang fokus pada bidang pendidikan dan seni. Jurnal ini bertujuan untuk mempublikasikan penelitian dan kajian teoritis yang mengintegrasikan pendidikan dan seni sebagai elemen penting dalam pembelajaran dan pengembangan individu. IJEA diterbitkan secara daring dan tersedia secara gratis untuk diakses oleh pembaca di seluruh dunia.
  8. BioMed Centralwww.biomedcentral.com
    BioMed Central adalah penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang biologi, kedokteran, dan ilmu kesehatan. Situs ini menyediakan akses gratis ke artikel-artikel ilmiah berkualitas tinggi.
  9. E-journal Undikshahttps://ejournal.undiksha.ac.id
    Merupakan platform jurnal elektronik yang dikelola oleh Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) di Indonesia. Platform ini menyediakan akses ke berbagai jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh fakultas-fakultas dan departemen-departemen di bawah naungan Undiksha. Ejournal Undiksha memberikan kemudahan akses ke konten-konten secara online, sehingga pengguna dapat membaca, mengunduh, dan merujuk ke publikasi ilmiah yang relevan, terdapat berbagai bidang ilmu terbitan jurnal seperti pendidikan, bahasa dan sastra, ilmu sosial, matematika, sains, teknologi dan bidang lainnya yang mungkinkan pengguna untuk menemukan penelitian yang relevan dengan minat mereka. E-journal Undiksha telah terakreditasi Nasional, banyak jurnal terbitan yang terakreditasi Sinta 2, untuk daftar jurnal dan peringkatnya dapat dilihat pada laman Sinta Kemdikbudristek (https://sinta.kemdikbud.go.id/journals/index/509).
  10. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) – https://ejournal.perpusnas.go.id
    Situs atau laman Perpustakaan Nasional (Perpusnas) ini tidak hanya menyediakan koleksi buku dan majalah saja, namun juga menyediakan jurnal internasional yang bisa diakses baik secara online maupun offline. Akan tetapi agar dapat mengaksesnya, Anda perlu mendaftar sebagai anggota terlebih dahulu, setelah terdaftar sebagai anggota resmi, barulah Anda bisa mencari jurnal internasional di dalamnya. Setelah mendaftar, Anda akan mendapatkan nomor yang valid yang mana bisa menguntungkan Anda membuka berbagai layanan digital yang ada di Perpusnas, mulai dari berlangganan majalah, mencari buku, jurnal, dan lain sebagainya. Nantinya, Anda bisa mengakses dan mengunduh soft file jurnal atau majalah ilmiah secara gratis jika sudah terdaftar.
  11. Public Library of Science (PLOS)www.plos.org
    PLOS adalah kelompok penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang ilmu. Jurnal ini menyajikan penelitian asli dengan fokus pada metode ilmiah yang kuat dan hasil yang dapat direproduksi. Situs ini menyediakan akses gratis penuh ke jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh PLOS.
  12. PubMed Centralwww.ncbi.nlm.nih.gov/pmc
    PubMed Central adalah arsip digital yang memberikan akses gratis ke artikel ilmiah dalam bidang biomedis dan kesehatan. Situs ini mencakup jurnal-jurnal yang diterbitkan oleh National Institutes of Health (NIH) dan penerbit lainnya.
  13. arXivarxiv.org
    arXiv adalah repositori yang berfokus pada bidang fisika, matematika, komputer, dan ilmu komputasi lainnya. Situs ini menyediakan akses gratis ke ribuan makalah preprint yang dikirim oleh peneliti dari seluruh dunia.
  14. Hindawiwww.hindawi.com
    Hindawi adalah penerbit jurnal ilmiah dengan akses gratis yang mencakup berbagai bidang, termasuk sains, teknik, kedokteran, dan ilmu sosial. Jurnal-jurnal Hindawi menawarkan akses gratis penuh ke artikel-artikel yang diterbitkan.
  15. Open Access Library – www.oalib.com
    Open Access Library adalah platform yang menyediakan akses gratis ke ribuan jurnal ilmiah akses terbuka dalam berbagai bidang. Situs ini memungkinkan akses bebas tanpa batasan kepada para peneliti dan mahasiswa akhir.
Baca Juga  Kepala PPSDM Migas Sharing Best Practice Pembangunan Zona Integritas Bersama Bupati Blora

Dengan mengakses situs-situs jurnal internasional dengan akses gratis ini, Anda dapat menemukan penelitian terbaru, artikel ilmiah, dan sumber daya penting lainnya tanpa harus membayar. Namun, penting untuk memeriksa kualitas dan keandalan setiap artikel yang Anda temukan sebelum menggunakannya dalam penelitian atau tugas akhir Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, semangat menyelesaikan studi.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *