Kunjungi Sekolah Dasar di Kota Sukabumi, Mahasiswa Sekolah Vokasi IPB Memberi Edukasi Mengenai Serangga

JurnalPost.com – Mahasiswa program studi Komunikasi Digital dan Media dari Sekolah Vokasi IPB University melakukan kunjungan sosialisasi ke SDN Cisarua yang berlokasi di Cisarua, Cikole, Kota Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu (07/10/2023).

Sosialisasi ini mereka lakukan dengan tujuan untuk memberi edukasi kepada para murid sekolah dasar mengenai macam-macam serangga, hingga manfaatnya dalam kehidupan manusia.

“Selain dari perkenalan jenis serangga kepada anak-anak, kami juga mengedukasi mengenai manfaat serangga tersebut untuk kehidupan manusia. Contohnya, saya mengedukasi mengenai manfaat madu untuk kesehatan.” Ucap Nabila, Sabtu (07/10/2023).

Terdapat lima serangga yang mereka perkenalkan, diantaranya ada serangga kumbang emas yang dipaparkan oleh Nazwa Safira, serangga lebah madu yang dipaparkan oleh Nabila Khairunnisa, serangga semut yang dipaparkan oleh Ana Tri Lestari, serangga kunang-kunang yang dipaparkan oleh Rizka Arivia, serangga orong-orong yang dipaparkan oleh Ade Oktavia, dan serangga ngengat yang dipaparkan oleh Daffa Abdul.

Sosialisasi ini disambut positif oleh para murid hingga badan pengajar SDN Cisarua. Anak-anak Sangat antusias mendengarkan pemaparan materi serta aktif dalam kegiatan tanya jawab yang diadakan.

“Cerita yang dibawakan sangat seru, gambar dari para serangga juga sangat lucu dan menggemaskan.” Ujar para murid SDN Cisarua.

Para pengajar juga memberikan feedback positif untuk sosialisasi ini, mereka berharap dengan adanya sosialisasi yang berbasis buku digital dapat membuat anak-anak menjadi lebih terbuka dengan perkembangan teknologi yang ada.

“Saya berharap sosialisasi buku digital ini dapat membuat anak-anak menjadi terbiasa dengan pembelajaran menggunakan media digital, terlebih pada era digitalisasi saat ini.” Ucap guru SDN Cisarua, sabtu (07/10/2023)

Sosialisasi ini juga mereka lakukan sebagai praktik mata kuliah Reportase di bawah bimbingan Ibu Erna Ernawati sebagai dosen.

Baca Juga  Sejarah Pemilu Dari Pemilihan Tradisional ke E-Voting

Kegiatan sosialisasi ini juga mereka publikasikan pada akun sosial media instagram (@noise.news.network).

“Ini menjadi experience yang berharga bagi saya. Saya sangat senang bisa mengenal anak-anak dari SDN Cisarua yang memiliki kemauan yang besar dalam mempelajari hal baru, melihat mereka begitu antusias dalam menjawab dan bertanya mengenai materi juga menjadi poin penting yang menunjukkan bahwa mereka punya energi yang besar untuk belajar” ujar Nazwa, pada Sabtu (08/10/2023).

Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan juga dapat memupuk rasa semangat bagi para mahasiswa di Indonesia untuk lebih peduli terhadap permasalahan sosial dan mau turun langsung untuk berkontribusi dalam membangun pendidikan yang lebih berkualitas bagi masyarakat.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *