Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa ISI Surakarta dalam Pengabdian di Desa Kemuning, Karanganyar

Diskusi dosen ISI Surakarta dengan perangkat desa dan pelaku pariwisata di Kemuning. Insert coffee table book hasil PKM/KKN (Dok. PKM/KKN ISI Surakarta)

JurnalPost.com – ISI Surakarta bekerja sama dengan Desa Kemuning menyelenggarakan Program Pengabdian Masyarakat (PKM) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2023. Desa Kemuning di Kecamatan Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar merupakan desa wisata unggulan di Jawa Tengah yang berada di kaki Gunung Lawu sebelah barat. Sebanyak satu dosen dan 14 mahasiswa diterjunkan di Kemuning dengan berbagai program kerja seperti membuat workshop tari, workshop karawitan, workshop keramik/clay, desain coffee table book wisata kemuning, desain brosur wisata Kemuning, penciptaan mars desa kemuning, video profil desa wisata kemuning dan proker lainnya seperti mendukung berbagai acara dan pementasan yang diselenggarakan masyarakat.

Widadi Nur Widyoko, S.Sos. Kepala Desa Kemuning menyatakan Desa Kemuning merupakan Desa di bawah lereng Gunung Lawu Ngargoyoso Kabupaten Karanganyar yang dari tahun 2014 mendeklarasikan diri menjadi Desa Wisata. Desa Kemuning memiliki banyak potensi, baik dari sumber daya alam, seni budaya dan potensi pariwisatanya. Salah satu potensi desa Kemuning yang bisa dibanggakan adalah kebersamaan, keterbukaan dan keseriusan masyarakat yang kompak dan menyambut baik terutama terhadap program pegembangan desa. Hal ini menjadi pintu masuk yang baik terkait program yang akan dilaksanakan. Banyaknya potensi daerah desa Kemuning belum diimbangi dengan ketersediaan pakar atau ahli dalam pengelolaan potensi yang ada. Sehingga harapannya jika kerjasama ini berlanjut maka desa kemuning lebih baik dalam pengelolaan sumber daya yang ada yang kaitannya dapat mendorong kemajuan desa Kemuning itu sendiri.

Desa Kemuning telah rutin menjalin kerjasama dengan ISI Surakarta salah satunya melalui program PKM Dosen dan KKN Mahasiswa. Banyak hasil kegiatan di desa Kemuning diantaranya yaitu pada tahun 2017 berhasil mengidentifikasi sejarah desa Kemuning yang kemudian dipentaskan menjadi pagelaran ketoprak modern bersama mahasiswa ISI Surakarta berkolaborasi dengan masyarakat desa Kemuning. Kegiatan PKM dan KKN yang selama ini berjalan belum diatur secara resmi dalam payung kontrak kerjasama yang konkret. Harapannya melalui kerjasama yang terjalin tidak hanya berfokus pada PKM dan KKN saja, jika memungkinkan kegiatan bisa berkembang pada pelaksanakaan penelitian dan inovasi potensi desa Kemuning yang ada saat ini.

Baca Juga  Warga Aceh Besar Diajak Siap Siaga Hadapi Bencana

Penulis: Tafik Murtono (LPPM ISI Surakarta)

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *