Jurnalis jaman now | Jurnalpost

JurnalPost.com – Jurnalis merupakan seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab dalam memberikan dan membuat berita yang valid untuk pembaca di media. Jenis berita yang dibuat pun beraneka macam, yakni soft news, hard news, dan feature. Akan tetapi, tahukah Anda perbedaan antara jurnalis dengan wartawan.

Era globalisasi dan keterbukaan informasi sudah tidak dapat dipungkiri memberi dampak bagi banyak aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali bidang jurnalistik. Munculnya internet dan media baru menimbulkan julukan baru bagi media massa seperti radio, televisi, koran sebagai media konvensional.

Tentu julukan ini memberikan dampak positif maupun negatif bagi media massa tersebut seperti terlihat dari perubahan channel informasi, media konvesional berlomba-lomba untuk masuk di online media, termasuk juga didalamnya pelaku medianya, seperti konsep citizen journalism yang bukan lagi merupakan hal asing bagi masyarakat, dimana citizen journalism dimaknai bahwa siapa saja bisa menjadi jurnalis, siapa saja bisa menulis dan mengunggah berita.

Di era internet, jurnalisme juga telah beradaptasi dengan konsep jurnalisme online seperti jurnalisme digital, dan jurnalisme multimedia.

Jurnalisme multimedia muncul dari proliferasi platform digital dan saluran media sosial dan mengubah preferensi dalam cara kita mengonsumsi berita.

seiring perkembangan zaman, jurnalis berjalan tidak hanya di media elektronik, melainkan juga menempatkannya di media sosial. Konvergensi yang terjadi saat ini dikarenakan kebanyakan dari masyarakat Indonesia sudah beralih dari media massa menjadi media digital. Semua informasi yang dicari saat ini yaitu melalui internet. Salah satu bentuk kepedulian tentu harus ditingkatkan untuk membangun rasa percaya diri demi membantu masyarakat yang ingin menjadi jurnalis.

Oleh : Shintia Rahma Noviyanti

Quoted From Many Source

Baca Juga  Vonis Etik untuk Johanis Tanak Segera Diketok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *