Inovasi dalam Rangka Melestarikan Kebersihan Air di Era Digital

Oleh: ARRIZA AZMIL MULYA

JurnalPost.com – Air merupakan komponen penting bagi struktur tubuh manusia. Data menyebutkan bahwa 70% di dalam tubuh manusia adalah air. Maka dari itu, tubuh kita harus terpenuhi dengan air yang cukup untuk keberlangsungan hidup agar tidak terkena penyakit. Semakin berkembangnya zaman, manusia menjadi lalai dalam memperhatikan lingkungan khususnya air. Manusia menjadi hilang akan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan air yang padahal air merupakan komponen penting bagi struktur tubuh manusia.

Kondisi air di era digital mengalami penurunan pada 2021. Banyak faktor penyebab, sebagai contoh seperti pembuangan limbah industri, dan limbah rumah tangga yang mencemari kondisi air saat ini. Hal ini dapat merusak ekosistem air terutama komponen air. Di era digital pun, manusia sangatlah tidak peduli akan hal itu. Sebagai imbasnya banyak dampak yang terjadi pada manusia dikarenakan pencemaran air yang mereka tidak duga. Di sisi lain, digitalisasi juga memberikan tantangan baru terhadap keberlanjutan sumber daya air. Pertumbuhan populasi, perubahan iklim, dan polusi menjadi masalah yang masih belum sama sekali terselasaikan. Pemanfaatan teknologi dalam manajemen air menjadi penting untuk menghadapi tantangan ini. Dengan teknologi dapat membantu dalam pengelolaan distribusi air, cek adanya kebocoran, dan pemantauan efisiensi penggunaan air.

Lingkungan merupakan semua hal yang berupa kondisi dan benda. Selain itu, lingkungan juga menyangkut manusia dan perbuatan serta tingkah lakunya. Semua hal tersebut berada dalam ruang tempat tinggal manusia. Serta dapat mempengaruhi kesejahteraan sampai kelangsungan hidup dan jasad renik lainnya ujar St. Munadjat Danusaputro. Banyak sekali penyakit yang muncul akibat pencemaran air. Diare merupakan penyakit yang sering ditemui pada pencemaran air. Disamping itu masih ada Tipes, Disentri, Iritasi hingga Hepatitis A. Ujar Khayan alumni Fakultas Kedokteran UGM tingginya Pb air hujan berhubungan dengan Pb urin. Banyak sekali dampak yang ditimbulkan dari pencemaran air, oleh karenanya kita memerlukan inovasi kedepannya.

Baca Juga  Polusi Udara, Pemprov DKI Jakarta Diminta Gercep

Semakin berkembangnya zaman, inovasi sangatlah beragam yang bisa kita gunakan. Melalui teknologi, informasi dan komunikasi contohnya. Kita tidak akan tahu seberapa besar tercemarnya air di lingkungan kita tanpa adanya informasi. Kita tidak akan tahu seberapa banyak penurunan air bersih pada tahun 2021 tanpa adanya teknologi. Dan juga kita tidak akan tahu di daerah tertentu memiliki kerusakan air yang sangat parah tanpa adanya komunikasi. Teknologi informasi dan komunikasi memiliki peran penting untuk meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya air dan monitoring kualitas air. Sensor pintar dan sistem pemantauan otomatis yang dikembangkan melalui teknologi, dapat memberikan data yang akurat dan cepat terkait kualitas air dan potensi pencemaran.

Sebagai generasi muda yang penuh semangat, kita harus turut ikut serta dalam peduli akan lingkungan. Dengan perkembangan teknologi, kita bisa mengambil hal positif yang bisa kita gunakan. Sebagai contoh kita bisa melakukan sosialisasi peduli kebersihan air melalui akun media sosial. Selain itu juga kita dapat membuat poster yang menarik sebagai bentuk ajakan peduli kebersihan air. Dan masih banyak yang kita gunakan.

Selain inovasi, kita juga butuh upaya lain. Seperti kita bisa melakukan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, danau, pantai, laut dan lainnya. Selain itu kita bisa melakukan sosialisasi ke masyarakat melalui media zaman sekarang seperti TikTok, Instagram, YouTube dan sebagainya. Dengan perkembangan zaman manusia dengan mudah meraup informasi dari media tersebut. Selain itupun kita juga perlu menjalankan aksi peduli kebersihan air agar meningkatkan kesadaran masyarakat. Selain itu juga, pengembangan aplikasi dan platform online dapat digunakan untuk memberdayakan masyarakat dalam melaporkan aktivitas yang dapat mengancam kebersihan air, seperti pembuangan limbah ilegal. Selain itu, penggunaan melestarikan kebersihan air, memastikan sumber daya air yang aman, dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keberlanjutan ekosistem air.
Dari inovasi-inovasi yang telah disebutkan, kita bisa tahu upaya yang efektif untuk dilakukan di era digital saat ini. Dengan bijaknya kita sebagai generasi muda dalam menggunakan media sosial dengan mengandalkan sisi positifnya. Dengan begitu informasi dan ajakan agar peduli melestarikan kebersihan air di Indonesia sangatlah penting. Sebagai generasi muda pun kita harus menjadi individu yang berguna untuk masa mendatang. Dengan kemajuan teknologi yang terus berkembang merupakan peluang kita untuk ambil bagian.

Baca Juga  SUGA link video tiktok

Data penulis:
Arriza Azmil Mulya
Mahasiswa Prodi Teknik Lingkungan
Akademi Teknik Tirta Wiyata

E-mail : arrzzml28@gmail.com

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *