Hadiri AIPA ke-44, AS Dukung ASEAN Jaga Stabilitas Kawasan

Jakarta: Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Charles Honoris memimpin dialog antara parlemen anggota ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dengan delegasi Kongres Amerika Serikat (AS). Delegasi itu dipimpin Senator Tammy Duckworth selaku negara observer di perhelatan SIUM ke-44 AIPA yang diselenggarakan di Fairmont, Senayan, Jakarta.
 

Charles mengatakan, parlemen negara Asia Tenggara (ASEAN) berkomitmen untuk membina hubungan persahabatan dan kemitraan yang bermanfaat dengan negara eksternal termasuk Amerika Serikat (AS). Hal itu untuk mempromosikan koeksistensi damai dan hubungan persahabatan di kawasan.
 

ASEAN juga meminta dukungan untuk mempromosikan kerja sama dan memperkuat hubungan regional, serta bersama-sama mewujudkan kawasan yang bebas, terbuka, aman, sejahtera, saling terhubung, dan tangguh.

Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Parlemen Anggota ASEAN menegaskan kembali komitmen kuat untuk menjunjung tinggi sentralitas, persatuan, dan pembangunan kepercayaan ASEAN sebagai prinsip utama dan kerangka kerja sama,” ungkap Charles, dalam keterangan tertulis, Jumat, 11 Agustus 2023.

Sejalan dengan tema Sidang Umum ke-44 AIPA yaitu ‘Responsive Parliaments for a Stable and Prosperous ASEAN’, parlemen diharapkan berkontribusi dalam mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan dan sekitarnya.
 

Dalam pertemuan tersebut, Wakil Ketua BKSAP DPR RI Sukamta menyampaikan, Amerika Serikat merupakan salah satu mitra strategis ASEAN di kawasan. Kemitraan kedua pihak telah terjalin selama lebih dari empat dekade yang berkembang ke dalam kerja sama di berbagai bidang strategis.
 

Ke depan, Indonesia berharap agar Amerika Serikat tetap menjadi mitra strategis di kawasan dan ikut serta menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan Laut Cina Selatan. Sukamta juga menekankan pentingnya negara ASEAN saling menghormati hak berdaulat masing-masing negara.
 

Intervensi tersebut kemudian disambut baik delegasi Parlemen Filipina. Mereka menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas sebagai elemen tidak terpisahkan dalam mewujudkan keamanan dan stabilitas global.
 

Menanggapi hal tersebut, Senator Tammy Duckworth menyampaikan perhatian AS kepada ASEAN untuk menjaga kawasan regional yang aman dan stabil. Duckworth menilai, perdamaian, stabilitas dan keamanan di Laut Cina Selatan tidak hanya berpengaruh di kawasan tetapi juga skala global.

 
“Sebelumnya, delegasi Filipina menyebut kami sebagai kakak. Kami (AS) bukan kakak. Kami berdiri bahu-membahu dengan Anda. Kami adalah sekutu. Kita setara dalam hal ini,” pungkas Tammy.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ABD)

Quoted From Many Source

Baca Juga  Mencintai Al-Quran: Menemukan Kekuatan dan Kedamaian dalam Kitab Suci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *