Genba SOT Upaya PT Semen Tonasa Wujudkan Lingkungan Kerja Aman dan Nyaman

JurnalPost.com – Memiliki lingkungan kerja yang aman dan nyaman tentu saja merupakan harapan tiap pekerja di suatu perusahaan. Tak terkecuali para karyawan dan karyawati di perusahaan persemenan paling berpengalaman di Indonesia Timur, PT Semen Tonasa.

Sejalan dengan itu, pada hari Rabu, 8 Mei 2024, jajaran top manajemen Semen Tonasa beserta 50-an karyawan-karyawati yang berasal dari Kantor Pusat maupun Plant Site, bersama-sama melaksanakan Genba – Safety Observation Tour (SOT) di area Kantor Pusat PT Semen Tonasa. Dengan mengambil tema : “Meningkatkan Produktivitas dan Inovasi untuk Mencapai Target Perusahaan yang Bertumbuh dengan Safety Priority”, kegiatan ini dihadiri langsung oleh Direktur Operasi Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini; Direktur Keuangan Semen Tonasa, Anis; para karyawan dan karyawati Band 1 – Band 2 PT Semen Tonasa, serta para fasilitator Total Productive Maintenance (TPM).

Direktur Operasi PT Semen Tonasa, Mochamad Alfin Zaini, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan Genba di seluruh unit kerja dalam perusahaan. “Pelaksanaan Genba – SOT ini sangat penting dalam upaya untuk melihat dan menemukan kondisi abnormalitas di tempat kerja masing-masing yang berpotensi membuat tidak nyaman dalam bekerja serta membuat kondisi tidak aman. Harapannya semoga dari berbagai temuan abnormalitas ini, nantinya dapat dilakukan pembenahan di area-area kerja sehingga dapat memberikan kinerja yang optimal dan berdampak positif pada performance perusahaan.” ungkapnya. Dalam pesan yang sama, Alfin juga menghimbau kepada seluruh unit kerja agar dapat lebih meningkatkan efisiensi dalam penggunaan energi, serta mendorong improvement dalam proses bisnis di perusahaan, sehingga dapat meningkatkan efisiensi dan produktifitas perusahaan.

Sementara itu TPM Officer PT Semen Tonasa, Gatot Susanto, mengatakan bahwa kegiatan Genba – SOT bersama Top Management seperti ini sudah yg kesekian kalinya dilaksanakan. “Pada Desember 2023 yang lalu kita adakan di Pabrik Tonasa 5. Kemudian Januari 2024 di Pabrik Tonasa 4, Februari 2024 di BTG, Maret 2024 di Pabrik Tonasa 2/3 dan di bulan April 2024 di Tambang & Crusher.” ungkapnya.

Baca Juga  rebbecca klopper video viral telegram link

“Kegiatan ini kita lakukan setidaknya sebagai upaya dalam mewujudkan salah satu misi perusahaan yg kita cintai, yaitu menciptakan lingkungan kerja yang aman & profesional. Genba – SOT adalah kegiatan mendatangi ke lokasi kerja, disana kita melihat dan mengobservasi apakah di area kerja kita masih terdapat potensi-potensi bahaya seperti Kondisi Tidak Aman, Tindakan Tidak Aman, sumber kotoran, dan abnormalitas lainnya. Apalagi genba – SOT merupakan komponen dari KPI Safety Performance.” tambahnya.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *